”Tingkir Tengah Bershalawat Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru 2020”

Spread the love

SALATIGA, suaramerdeka.news – Warga Kelurahan Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir Salatiga, menggelar ”Tingkir Tengah Bershalawat” menyambut tahun baru 2020, di pendapa kelurahan Jl Raya Tingkir Raya, Selasa (31/12) malam. Kegiatan yang berlangsung khidmat itu menghadirkan Habib Ali bin Yahya Al Habysi dari Boyolali.
Lurah Tingkir Tengah, Okto Risang SH MT menjelaskan, kegiatan bernuansa islami menyambut tahun baru 2020 itu, dimulai dengan sejumlah rangkaian kegiatan, yakni mulai tahtimul Quran, mujahadah, dan shalawatan. Sebelumnya digelar lomba tumpengan dan jajanan pasar, yang diikuti seluruh perwakilan RW di Kelurahan Tingkir Tengah. ”Makanan yang disajikan dalam lomba tumpengan dan jajanan pasar itu, selanjutnya menjadi hidangan bersama bagi warga, selama kegiatan shalawatan,” kata Risang.


Menurut Risang, kegiatan ”Tingkir Tengah Bershalawat” dengan tema ”Berkah Shalawata Maksiat Hilang”, merupakan usulan warga, agar peringatan tahun baru tidak diisi dengan hura-hura dan kegiatan yang tidak bermanfaat. Acara shalawatan itu sekaligus bertujuan meningkatkan semangat ibadah dan menjaga budaya setempat yang penuh dengan nuansa islami, dalam rangka menyambut tahun baru.
Doa yang dipanjatkan dalam acara itu agar tercipta masyarakat yang makmur, sejahtera, serta terhindar dari bahaya dan bencana. ”Saya berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilestarikan sebagai upaya nguri-uri budaya setempat dan bertujuan membentuk kepedulian sosial terhadap sesama,” ungkap Risang.


Diakuinya antusias warga mendukung kegiatan itu sangat besar, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, LPMK, RT/RW, karangtaruna, ibu-ibu PKK, dan lainnya. Kegiatan itu pun berjalan lancar dan diharapkan pada tahun baru 2020, kelurahan yang tidak lepas dengan legenda Joko Tingkir tersebut, semakin maju dan berkembang, sebagai wilayah yang memiliki potensi pertanian, wisata, dan industri, di Kota Salatiga. Ketua LPMK Tingkir Tengah, Drs Rohmad MPdI menambahkan, agenda tersebut merupakan kegiatan positif yang menjadi komitmen bersama semua unsur masyarakat, sebagai modal persatuan dan kesatuan serta kerukunan. Tingkir Tengah Bersholawat di malam tahun baru akan dilestarikan sebagai salah satu ikon Tingkir Tengah. (H2-68)

Sumber : https://suaramerdeka.news/tingkir-tengah-bershalawat-sambut-tahun-baru-2020/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *